3 Jenis Es yang Diproduksi Dalam Skala Industri

3 Jenis Es yang Diproduksi Dalam Skala Industri

Admin - 03 September 2018

Es adalah salah satu hal yang seringkali dibutuhkan di dunia modern. Kebutuhan konsumen semakin terpenuhi dengan adanya mesin es batu, dan es yang diproduksi tidak hanya berbentuk kotak saja. Berikut ini yang sering diproduksi dalam skala industri.
 
 

Es batu

Es batu diproduksi dengan cara menyalurkan air pada piringan yang sangat dingin, lalu dibagi-bagi menjadi kotak. Air murni akan membeku lebih dulu dan mulai menjadi es batu, dan ketika airnya dipompa dan dibalik dari piringan tersebut, es akan mulai berkembang terbentuk dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, es akan dilepaskan dari piringan.
 
Jenis ini memiliki beberapa ukuran yang berbeda. Es batu standar biasanya berukuran 2x2x2 cm. Beberapa produsen juga memiliki mesin es batu yang membuat es berukuran separuhnya, yaitu sekitar 2x2x1 cm. Ada juga yang berinovasi dengan bentuk setengah lingkaran.
 
Umumnya, Anda dapat menemukan es jenis ini pada restoran fast food, hotel, toko atau supermarket, rumah makan atau restoran lainnya. Hal ini karena es batu cenderung bersifat lebih keras dan tahan lama. Salah satu pilihan yang baik untuk mendinginkan minuman.
 
 

Es tube

Mesin es batu tube atau tabung adalah alat produksi es di mana air akan dibekukan dalam tabung yang membentang panjang secara vertikal dalam ruang pembeku. Di bagian bawah ruang tersebut terdapat piringan yang berfungsi sebagai penyalur dan memiliki lubang di sekitar tabung. Piringan ini tersambung pada ruang berbeda yang memiliki gas hangat untuk memanaskan tabung dan membuat es tersebut dapat meluncur turun.
 
Pada mesin ini, air dibekukan pada tabung yang sudah didinginkan di bagian luarnya. Tujuannya agar membentuk es berbentuk tabung dengan lubang berukuran sekitar 50mm di tengahnya dan es setebal kira-kira 10-12 mm. 
 
Tabung atau es tube ini kemudian dilepaskan dengan cara sedikit mencairkan es secara otomatis, lalu dipotong-potong oleh mesin menjadi es dengan panjang sekitar 50mm. Penyimpanan yang disarankan untuk es jenis ini adalah -5°C. 
 
Anda dapat menggunakan es ini sebagai pendingin seperti pengendalian suhu, menjaga ikan tetap segar, dan mendinginkan botol minuman. Namun, Anda juga tetap dapat menggunakannya pada makanan dan juga sebagai pendingin minuman seperti es batu.
 
 
 

Es serpih

Es serpih menggunakan proses dan teknik yang sangat berbeda dari es batu. Kebanyakan produsen memiliki mesin es batu dengan tabung evaporator yang dapat mengebor. Air akan disemburkan di bagian luar tabung tersebut dan akan membeku dalam lapisan tipis. Lalu, bor tersebut akan berputar dan memotong es menjadi serpihan-serpihan kecil. 
 
Dengan es serpih, Anda akan lebih mudah membentuk dan membungkusnya. Oleh karena itu, es ini seringkali digunakan di supermarket untuk menjaga ikan, hasil laut, dan daging lainnya tetap segar. Restoran yang memiliki salad bar juga menggunakan es ini agar bahan salad tersebut tetap dingin.
 
Selain itu, rumah sakit dan fasilitas kesehatan juga menggunakan es serpih karena kelembutan dan sifatnya yang mudah cair, sehingga pasien tidak akan tersedak es. Pusat olahraga juga seringkali menggunakan es ini untuk pertolongan pertama pada cedera.
 
 
PT. Multimesin dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan konsumen serta industri Anda dengan mesin yang dapat diandalkan dan berkualitas. Dengan mesin es batu dan mesin es tube kami, Anda dapat memilih yang paling sesuai dan terbaik untuk perusahaan Anda.