Mendapatkan Es Batu yang Jernih Dari Air Biasa

Mendapatkan Es Batu yang Jernih Dari Air Biasa

Admin - 01 Oktober 2018

Sebuah mesin es batu tidak akan membekukan es seperti ice tray di kulkas. Ketika Anda memperhatikan es batu biasa dari air yang tidak dimasak dahulu, maka Anda akan melihat daerah keruh yang ada di tengah es. Berbeda halnya dengan es dari mesin, Anda tidak akan menemukan daerah keruh di tiap sisinya meskipun dari air kran. 
 
Air masak atau air jernih akan membeku pada suhu 0°C, sedangkan air kran akan membeku pada suhu yang lebih rendah. Air di sekitar es batu akan terpapar dengan suhu yang paling dingin dahulu dan mulai membeku. Lalu, air tersebut akan membeku dari luar dan mendorong kandungan mineral di tengahnya.
 
Sehingga, air yang mengandung banyak mineral tersebut akan membeku lebih cepat sehingga timbul daerah keruh di tengah es batu hasil bekuan kulkas tersebut. Lalu apa yang membuat mesin es batu berbeda?
 

Cara mesin es batu supaya tidak membekukan air yang tidak jernih

 
Mesin es batu tidak memerangkap air yang tidak jernih di tengah saat proses pembekuan. Piringan (plate) evaporator di mesin tersebut akan menjadi dingin saat air mengalir di atasnya. Air ini akan terus menerus mengalir dan akan terus bertambah dingin.
 
Pada akhirnya, air tersebut akan mulai membeku. Hanya air jernih yang akan mengeras menjadi es dan bagian air yang tidak jernih akan terdorong oleh aliran air. Sehingga, es yang diproduksi mesin memiliki bagian yang jernih saja dan air “buruk” yang tertinggal memiliki tingkat ketidakjernihan lebih tinggi dari air yang digunakan di awal. 
 
Jika air yang sama digunakan terus menerus, maka tingkat kejernihan yang buruk akan semakin meningkat dan akan membuat mesin cepat rusak. Untuk mencegah hal ini terjadi, mesin es batu tersebut akan membuang air buruk tadi dan memulai produksi es batu kembali dengan air yang baru.
 

Mengetahui hal ini berarti menghemat biaya usaha Anda

Karena mesin es batu dapat membuat es batu jernih dari air yang tidak murni/bersih, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan filter air yang harganya cukup mahal.
 
Tentu saja, teknologi penjernihan air sudah semakin maju dan Anda dapat menggunakan segala jenis air untuk memproduksi es batu pada akhirnya. Akan tetapi, alat tersebut seringnya menghabiskan banyak biaya namun pada kenyataannya tidak terlalu dibutuhkan.
 
Mineral buruk dalam air dapat dibuang oleh mesin es batu setelah proses membekukan air selesai. Yang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin ini adalah membersihkannya secara rutin untuk menghilangkan tumpukan kotoran pada evaporator.
 
Masalah lain yang dapat timbul adalah endapan. Sebenarnya proses pembekuan air dan produksi es tidak akan terganggu, akan tetapi saringan katup inlet airnya yang dapat terhenti. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan filter endapan yang harganya sangat terjangkau.
 
Jadi, Anda sudah tidak perlu pusing lagi akan kejernihan air ketika memproduksi es batu lagi. Apabila Anda masih menginginkan info lebih seputar mesin es batu dan kejernihan es yang diproduksi, hubungi tim Multimesin sekarang juga. Kami akan membantu Anda dengan senang hati.