Mengetahui Bagaimana Cara Mesin Es Batu Bekerja

Mengetahui Bagaimana Cara Mesin Es Batu Bekerja

Admin - 08 Oktober 2018

Oleh karena iklim dan udara di Indonesia yang cenderung panas, warga negaranya menyukai hal-hal yang dingin dan es batu memiliki peran cukup penting di keseharian orang-orang Indonesia. Bisnis es batu juga sangat menguntungkan dan kebutuhan akan penjual mesin es batu juga makin meningkat.
 
Tetapi bagaimana sebenarnya mesin es batu bekerja? Apa ada hal tertentu seperti sains yang membuat es tersebut? Banyak orang masih belum mengerti bagaimana es batu kesukaan mereka diproduksi. Ternyata, proses produksi es tidak hanya sangat menarik, namun juga 
 

Mengetahui prosesnya

Proses pembuatan es melalui mesin dimulai dari pembuangan gas pendingin melalui beberapa gulungan kecil. Ketika gas ini dipaksa masuk melalui gulungan tersebut, tekanannya akan menaikkan suhu secara alami.
 
Ketika sudah ada gas panas (dalam suhu yang cukup, tidak terlalu panas), gas pendingin tadi akan bergerak menuju beberapa tabung dengan ukuran yang lebih lebar dalam mesin es batu. Saat gasnya sudah dingin kembali, lama-kelamaan gasnya akan mulai mengembun.
 
Jadi, gas pendingin yang ada di dalam gulungan mesin tadi akan berubah menjadi air. Hasil dari kondensasi gas tersebut akan dibawa ke bagian evaporator, biasanya terbuat dari stainless steel.
 
Ketika semua proses ini sedang terjadi, ada tandon air dalam mesin yang menjaga air tetap mengalir melalui bagian evaporator. Proses inilah yang membuat air membeku menjadi es batu.
 
Mesin es batu bergantung pada air yang menjadi es pada suhu nol derajat Celcius. Supaya proses ini terjadi dan berjalan dengan lancar, maka air yang ada pada mesin harus jernih. Segala bentuk ketidakjernihan akan membuat air susah membeku pada suhu tersebut.
 
Oleh karena itu, beberapa mesin akan memiliki filter untuk menjernihkan air sambil proses berjalan. Namun ada juga mesin yang tidak membutuhkan filter sama sekali dan dapat menjernihkan air dengan sendirinya. Anda bisa menanyakan jenis mesin ini kepada perusahaan yang jual mesin es batu seperti Multimesin.
 
 

Bedanya dengan dispenser es batu dikulkas

Sekarang Anda juga bisa mendapatkan es batu melalui kulkas Anda. Meski terlihat sama, prosesnya sangat berbeda. Fungsi utama sebuah lemari pendingin bukanlah untuk memproduksi es batu, melainkan untuk mendinginkan makanan pada suhu yang tidak ekstrim. Sehingga, air tidak akan dibekukan melalui sistem khusus seperti pada mesin. 
 
Tidak seperti mesin es batu, lemari pendingin yang dilengkapi dengan dispenser es memiliki sistem yang kecil dan rapat untuk produksi es di tempat yang sama. Air akan dialirkan kepada ice tray berbentuk es batu (kotak), lalu akan mendingin dan membeku oleh karena suhu dalam kulkas yang juga dingin.
 
Sesaat setelah air sudah membeku dalam tray tersebut, ada aliran listrik pada bagian dasar tray yang bekerja untuk sedikit melelehkan es yang rekat pada tray. Lalu, terdapat tuas yang memutar dan menarik es dari tray dan es batu tersebut akan jatuh pada wadah khusus.
 
Cara kerja mesin es batu bukanlah hal yang rumit dan mesin tersebut bekerja dengan sangat cepat sehingga dapat memproduksi banyak sekali es.
 
Apabila Anda sedang memikirkan usaha es batu, maka sebaiknya Anda mendapatkan mesin dari perusahaan yang jual mesin es batu berkualitas dengan service premium seperti Multimesin.
 
Apapun jenis usaha es batu Anda, Multimesin akan menyediakan mesin terbaik untuk Anda.